Bisakah Mengisi Air Wiper dengan Sampo?

10 Juli 2019 | Editor : Dimas

Pembersih kaca atau yang biasa disebut wiper memiliki fungsi penting bagi visibilitas pengemudi, karena tugas wiper adalah untuk membersihkan kaca mobil dari debu, kotoran, serta menyapu air pada kaca bagian depan saat hujan.
 
Wiper biasanya memiliki cairan khusus untuk membantu membersihkan kaca secara maksimal. Namun, saat cairan tersebut habis tak jarang ada yang mengisinya dengan air sabun atau sampo. Alasannya, agar kaca makin bersih karena ada kandungan sabun atau sampo yang disemprotkan.
 
Sebenarnya tidak masalah jika Anda ingin mengisi air wiper dengan sabun atau sampo. Masalahnya adalah kandungan dalam sabun atau sampo tersebut. Karena sampo untuk manusia memiliki kandungan bahan kimia yang berbeda dengan cairan khusus pembersih kaca mobil. Jika sembarangan mencampur air wiper, alih-alih bersih permukaan kaca mobil Anda justru bisa rusak karena bahan kimianya tidak cocok.
 
Apalagi jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, bisa-bisa muncul jamur pada bekas sampo yang tidak terkena sapuan wiper. Kalau sudah begini, Anda harus merogoh kocek lebih untuk membersihkan jamur pada kaca mobil.
 
Oleh karena itu, sebaiknya isilah reservoir wiper dengan water fluid. Karena kandungan dalam water fluid telah diformulasikan sedemikian rupa untuk membersihkan kaca mobil tanpa menimbulkan jamur.
 
Anda bisa mengisi wiper fluid dengan mengunjungi bengkel resmi Kalla Toyota yang tersebar di 23 cabang se-Sulsel, Sulbar, Sulteng, dan Sultra.