Apa Itu Transmisi Otomatis?

30 Juli 2019 | Editor : Dimas

Sebagian orang lebih memilih menggunakan mobil bertransmisi otomatis ketimbang mobil dengan transmisi manual. Hal ini dikarenakan mobil bertransmisi manual memiliki pedal kopling, sehingga agak sulit untuk digunakan.
 
Bagi Anda yang selalu mengendarai mobil dengan transmisi otomatis tentu sudah paham akan fungsi dan cara kerja dari transmisi tersebut. Meskipun begitu, masih terdapat beberapa orang yang belum paham tentang pengertian dari transmisi otomatis.
 
Transmisi otomatis atau A/T merupakan jenis transmisi dengan gigi-gigi yang bisa melakukan perpindahan secara otomatis untuk menyesuaikan kondisi jalan dan jumlah muatan. Transmisi ini juga dilengkapi dengan torque conventor yang berfungsi sebagai kopling otomatis.
 
Selain itu, minyak pada transmisi otomatis memiliki fungsi ganda. Jadi minyak trnasmisi otomatis tidak hanya berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan saja, namun juga memindahkan gigi dan fluida kopling secara otomatis.
 
Agar dapat berfungsi dengan baik, volume minyak transmisi otomatis harus selalu mencukupi. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi dan volume minyak mobil. Bila minyak mobil Anda perlu diganti, segeralah membawa mobil ke bengkel resmi Kalla Toyota yang tersedia di 23 cabang se-Sulsel, Sulbar, Sulteng, dan Sultra.