Akibat Bila Telat Mengganti Oli Mesin Mobil

29 Juli 2019 | Editor : Dimas

Selain sebagai pelumas, oli mobil juga berfungsi untuk membersihkan dan menjada agar mesin mobil Anda tidak tergerus karena gesekan-gesekan yang terjadi antar komponen mesin.

Oleh karena itu, pemilihan penggunaan oli yang tepat dan penggantian oli secara rutin sesuai dengan standar dapat membantu menjaga kerja mesin secara optimal.

Jangka waktu penggantian oli mesin tergantung dari seberapa sering kendaraan digunakan. Jadi, bila Anda terlambat mengganti oli mobil, akibatnya mesin mobil Anda akan mengalami kerusakan.
Di bawah ini ada 4 hal yang akan dialami mobil Anda bila telat bahkan tidak mengganti oli mobil sama sekali:

1. Menurunnya kualitas kerja mesin
Jika Anda tidak mengganti oli tepat waktu, maka oli akan semakin menghitam dan mengental. Akibatnya kualitas oli sebagai pelumas komponen mesin akan menurun sehingga berimbas pada kualitas mesin. Selain itu, mobil menjadi sulit dinyalakan dan suara mesin terdengar semakin kasar.

2. Komponen mesin mengalami kerusakan
Hal yang sama juga akan dialami oleh komponen mesin mobil. Bila oli telah mengental dan kotor dapat mengakibatkan komponen mesin seperti piston, silinder, dan komponen lainnya mengalami kerusakan.

3. Mobil mengalami overheating
Ketika oli mesin tidak diganti, maka kinerja oli untuk mendinginkan mesin mobil pun terganggu dan tidak optimal. Sehingga mesin mobil menjadi cepat panas atau overheating.

4. Boros bahan bakar
Gesekan antara komponen-komponen mesin yang halus dapat meningkatkan performa mesin mobil dan berimbas pada kenyamanan Anda saat berkendara dengan mobil Toyota kesayangan. Namun, bila oli tidak diganti tepat waktu maka gesekan antar komponen mobil akan semakin kuat dan tarikan mesin semakin berat, sehingga mesin mengambil sumber tenaga lain, yakni bensin.
 
Jadi, sebagai pemilik mobil diharapkan untuk selalu melakukan pemeriksaan dan penggantian oli mesin secara rutin untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan saat berkendara.
 
Lakukanlah penggantian oli di bengkel resmi Kalla Toyota, karena kualitas olinya sudah terjamin dan pastinya aman untuk kendaraan Anda. Jangan lupa juga untuk secara rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi. Anda bisa melakukan booking service untuk servis berkala melalui pesan Whatsapp di nomor 08114414030.