5 Varian Bekal Unik dan Sehat

11 April 2019 | Editor : Dimas

Siapa yang waktu kecil suka bawa bekal? Buat kallafriends yang sering bawa bekal tahu gak, setiap tanggal 12 April diperingati sebagai Hari Bawa Bekal Nasional. Peringatan yang telah dilakukan sejak tahun 2013 ini digagas oleh salah satu produk terkenal dari peralatan rumah tangga bersama dengan Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Pendidikan Nasional, dan BPOM.
 
Banyak manfaat yang bisa didapatkankarena membawa bekal. Pertama asupan gizi Anda tentu dapat terpenuhi dengan baik. Selain lebih sehat Anda juga dapat menghemat pengeluaran untuk membeli makanan diluar. Wajar saja jika banyak ibu-ibu yang memilih membuat bekal untuk si buah hati daripada membiarkan anak mereka jajan sembarangan. Disadur dari food.detik.com berikut ada 5 jenis bekal yang bisa menjadi referensi untuk membuat bekal.

1. 
Bento
Bento merupakan salah satu kreasi bekal sekolah yang paling populer dan digemari oleh anak-anak. Selain tampilannya yang menarik, potongan lauk dan sayuran membuat bento lebih sehat. Cara pembuatannya juga tidak sulit, semuanya terletak pada cara penyusunan dan penggunaan lauk makanan agar tampilannya menarik. Misalnya untuk mendapatkan warna yang cerah, nasi putih dalam bekal bisa diganti dengan nasi kuning, atau ditambahkan dengan telur mata sapi. Lalu agar anak-anak tertarik makan sayur, potongan sayur bisa dibentuk menjadi bentuk wajah, bunga, hingga mobil.

2. 
Nasi Goreng
Nasi goreng ini menu bekal yang paling sederhana dan rasanya enak. Agar si kecil tak bosan dengan menu nasi goreng yang itu-itu saja, nasi goreng bisa dirubah dengan tampilan yang lebih menarik. Salah satunya dilapisi dengan telur dadar, lalu diberi hiasan sosis berbentuk bunga di atasnya, ditambah dengan selada dan irisan mentimun. Selain tampilannya lebih meriah, asupan nutrisi dari telur dan sayur juga membuat bekal anak jadi lebih sehat.
 
3. Kentang
Selain nasi, kentang bisa jadi pengganti sumber karbohidrat yang baik dan rasanya yang gurih juga disukai anak-anak. Tidak hanya dijadikan kentang goreng saja, berbagai olahan seperti omelet kentang, kentang panggang, hingga kentang keju brokoli bisa jadi alternatif bekal yang lebih sehat dan tentunya jadi varian menu baru agar si kecil tak mudah bosan.

4. 
Pasta
Boleh juga buat bekal untuk si kecil dengan bahan dasar pasta. Pasta mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Cara membuatnya juga terbilang mudah. Kalau mau tampilannya lebih menarik, pasta bisa dibuat menjadi Spaghetti Pie yang mudah dan enak.

5. 
Burger
Membuat burger tidaklah rumit, apalagi burger buatan rumah jauh lebih sehat, karena terbuat dari bahan-bahan yang segar. Agar bekalnya lebih sehat, jangan lupa tambahkan irisan sayuran seperti wortel, sawi putih, hingga tomat.
 
Dengan berbagai varian bekal diatas para Ibu tidak perlu khawatir lagi jika si kecil merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. Varian menu bekal diatas juga cocok, loh, untuk orang dewasa yang menyukai pola hidup sehat. Jadi, jangan merasa malu atau minder karena membawa bekal dari rumah, ya. Selamat Hari Bawa Bekal Nasional.