5 Makanan yang Dapat Membuat Tidur Anda Lebih Nyenyak

27 Juli 2019 | Editor : Dimas

Agar kondisi Anda esok hari tetap fit dan segar, maka sebaiknya Anda memiliki waktu tidur yang cukup. Namun, ada beberapa orang yang mengalami masalah susah tidur atau insomnia. Beberapa orang mengatasi hal tersebut dengan menghitung domba atau meminum susu sebelum tidur.
 
Meminum susu 2-3 jam sebelum tidur memang memberikan efek yang lebih maksimal agar tertidur pulas. Hal ini dikarenakan adanya kandungan protein, vitamin dan mineral yang mampu memberikan manfaat berupa rasa relax sehingga hormon melatonin yang berfungsi membuat tubuh tertidur lelap bisa terbentuk secara maksimal.
 
Hmm.. Selain minum susu, makanan apalagi yah yang bisa membuat tidur nyenyak?
Berikut ada 5 makanan yang dapat membantu tidurmu jadi lebih nyenyak yang disadur dari doktersehat.com.
 
1. Jus Ceri
Selain susu, jus ceri juga dapat memberikan rasa nyenyak saat tidur. Hal ini dibuktikan melalui hasil penelitian yang dipublikasikan oleh University Pennsylvania, dimana hasilnya konsumsi jus ceri dapat memberikan asupan alami kepada hormon melatonin.

Kondisi ini terbukti dengan subjek penelitian yang mengonsumsi jus ceri mendapatkan peningkatan kualitas tidur dan pengurangan gejala insomnia, ketimbang subjek yang tidak mengonsumsi jus ceri.
 
2. Daun Selada
Tidak hanya minuman yang bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak, sayuran berdaun warna hijau, yaitu selada, juga bisa memberikan manfaat berupa rasa nyenyak saat tidur.
Hal ini disebabkan salah satu kandungan zat yang ada pada salad, yaitu lactucarium, dapat memberikan efek relaksasi hingga memengaruhi kerja otak untuk tidur.
Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan cara mengonsumsi salad dalam jumlah yang cukup banyak pada menu makan malam.

Selain itu, jika Anda ingin mengonsumsi camilan menjelang tidur, salad bisa Anda jadikan pilihan, misalnya dengan mengonsumsi salad sayur. Hal ini tidak hanya sehat, namun juga mampu memberikan efek untuk kualitas tidur Anda, bukan?
 
3. Keju
Sebagai salah satu produk olahan susu, keju juga bisa memberikan menfaat yang serupa. Bahkan, karena merupakan produk olahan dengan tambahan fermentasi, keju disebut lebih mampu meningkatkan kualitas tidur, lho.
Olahan keju yang banyak mengandung kalsium, dapat memberikan manfaat berupa peningkatan produksi trypthophan. Zat trypthophan ini terbukti mampu meningkatkan produksi melatonin yang dapat membuat tidur semakin nyenyak dan tidur bisa semakin berkualitas.
 
4. Ikan Tuna
Ikan tuna juga dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak, karena kandungan vitamin B6 yang mampu mendukung produksi melatonin dan serotonin, yaitu dua jenis zat yang berperan dalam siklus tidur dan mengatur aktivitas sel tubuh tertentu.

Anda bisa memilih ikan jenis tuna atau salmon sebagai menu makan malam utama, karena keduanya sama-sama memiliki kandungan vitamin B6 yang cukup tinggi.
 
5. Teh Chamomile
Pernah mencoba teh chamomile? Minuman herbal dari tanaman bunga chamomile ini terbukti super efektif untuk membuat tubuh menjadi lebih nyenyak saat tidur, lho.

Teh herbal yang satu ini bisa memberikan asupan zat fitonutrien dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan produksi glisin, yaitu zat kimia yang melemaskan saraf otot sehingga membuat tubuh menjadi mengantuk.
Teh chamomile kini bisa jadi pilihan salah satu minuman sebelum tidur selain susu dan jus ceri, bukan?