5 Destinasi Wisata di Bulukumba selain Tanjung Bira

05 April 2019 | Editor : Dimas

Bulukumba merupakan salah satu wilayah di Provinsi Sulawesi Selatan dan memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satu destinasi wisata populer  di Bulukumba adalah Pantai Tanjung Bira. Destinasi wisata ini terkenal dengan keindahan pantainya yang memiliki pasir putih dan airnya yang biru.

 

Tapi Kallafriends tau gak? Kalau selain wisata Pantai Tanjung Bira, Bulukumba memiliki destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik. Yuk, langsung disimak destinasi wisata Bulukumba di bawah ini:


 

1.      Apparalang

Destinasi wisata Apparalang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari yang berada disebelah kiri sebelum Pantai Tanjung Bira. Tempat yang dikelilingi tebing yang curam ini memiliki pantai dengan pasir putih. Anda bisa menghilangkan penat sambil menikmati pemandangan dan mendengar suara deburan ombak dari atas tebing.



Anda dapat menuruni tangga untuk menuju air laut untuk memancing. Gugusan panjang tebing yang indah cocok untuk menjadi latar berswafoto. Selain itu, Anda juga dapat melakukan snorkelling dan cliff jumping.


 

2.      Liukang Loe

Nama pulau Liukang Loe berasal dari bahasa Konjo. "Liu-Liukang" berarti "kayu hitam" dan "Loe" berarti "banyak", sesuai dengan namanya, banyak ditemukan kayu hitam di pulau ini. Pulau kecil ini dapat dikunjungi dari Pantai Tanjung Bira dengan menggunakan perahu atau speed boat selama 15-20 menit.



Di tempat ini Anda dapat menikmati hamparan pasir putih yang lembut dan bercengkrama langsung dengan penyu-penyu besar dengan mengunjungi rumah apung yang disediakan khusus untuk wisatawan dengan membayar Rp 5000 rupiah.

 


3.     
Pulau Kambing

Apa yang pertama kali terlintas dipikiran Anda saat pertama kali mendegar nama Pulau Kambing?? Jangan salah, loh, nama Pulau Kambing bukan berarti memiliki banyak kambing. Melainkan namanya saja yang menggunakan kata "kambing". Destinasi wisata ini berjarak 40 km dari Bulukumba.



Pulau Kambing sangat cocok untuk Anda yang menyukai dunia bawah air. Karena pulau ini memiliki air yang jernih dan biota laut yang memukau, sehingga cocok untuk melakukan diving. Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat ikan hiu dan menikmati terumbu karang yang indah.

 


4.     
Perkebunan Karet Lonsu

Perkebunan Karet Lonsu dikelola langsung oleh PT. London Sumatera sejak tahun 1915 yang menjadikannya sebagai destinasi agrowisata di Bulukumba. Pohon karetnya berjejer disepanjang desa Bontomanai, Bontomangiring, dan Tammato. Perkebunan karet ini juga dapat membantu meringankan beban pikiran akibat rutinitas sehari-hari dengan melihat ratusan ribu pohon karet nan hijau. Anda juga bisa menyaksikan langsung proses panennya.

 


5.     
Pantai Samboang

Pantai yang terletak di Desa EKa Tiro ini memiliki panorama alam yang asri dengan keindahan pasir putih dan banyaknya pohon kelapa yang berjejer rapi disepanjang garis pantai. Waktu tempuh yang diperlukan jika Anda berada di Apparalang adalah sekiatr 15 menit.



Ada sebuah batu besar yang menyerupai pulau kecil di tempat ini. Anda dapat pergi kesana dengan menggunakan jembatan sepanjang 20 meter dan memancing di batu besar tersebut.


 

Itulah tadi lima destinasi wisata di Bulukumba yang sayang dilewatkan saat berlibur. Kalau Kallafriends mau mengunjungi destinasi wisata yang mana?