4 Penyebab Mesin Mobil Anda Mengalami Overheating

05 Juli 2019 | Editor : Dimas

Sebagai pemilik mobil jangan pernah mengabaikan mesin mobil yang cepat panas. Karena kondisi tersebut dapat berakibat fatal bagi keselamatan pengemudi dan penumpang. Mesin yang cepat panas atau overheating biasanya menunjukkan bahwa ada masalah pada mesin mobil. Sehingga, penyebabnya perlu ditemukan dengan segera agar bisa diperbaiki.
 
Berikut ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mobil mengalami overheating:

Rusaknya Radiator
Masalah yang umumnya dialami radiator adalah tersumbatnya saluran radiator karena banyaknya kotoran yang menumpuk. Bisa juga karena adanya kebocoran pada selang radiator, sehingga bila tidak segera ditangani akibatnya mesin mobil menjadi cepat panas. Kedua hal tersebut dapat menghambat sirkulasi cairan pendingin, sehingga tidak tersalurkan dengan baik.
 
Selain kedua masalah diatas, kurangnya cairan pada tangki radiator juga dapat menyebabkan mesin mengalami overheating. Jadi, ada baiknya jika Anda melakukan pengecekkan kondisi air radiator secara rutin, setidaknya tiap 20.000 Km.

Kipas Pendingin Tidak Berfungsi
Pastikan pemasangan kipas pendingin tidak terbalik, agar sirkulasi udara lancar dan udara panas dari luar tidak masuk ke dalam mesin, sehingga mencegah mesin dari overheat. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi fanbelt dan dinamo kipas apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Thermostat
Bermasalah
Seperti yang sudah diketahui, thermostat merupakan alat untuk mengukur suhu, jadi fungsinya adalahmengatur suhu air radiator. Bila mesin menjadi panas maka air akan diatur untuk masuk ke dalam mesin, sehingga kondisi suhu mesin tetap terjaga.

Menggunakan Oli Ilegal
Agar kondisi mesin mobil tetap terjaga maka gunakanlah oli orisinil yang biasanya terdapat di bengkel resmi. Untuk pengguna mobil Toyota, Anda bisa menggunakan oli TMO untuk menjaga kondisi mesin mobil tetap prima.
Hindari menggunakan oli dengan harga murah namun mereknya tidak jelas. Karena oli tersebut bisa saja ilegal, sehingga mudah menguap dan membuat mesin menjadi cepat panas.
 
Itulah beberapa penyebab mesin mobil Anda cepat panas, untuk mengantisipasi hal-hal diatas bisa dengan rajin memeriksa dan merawat mesin mobil. Sehingga masalah bisa dideteksi lebih awal dan dapat segera diperbaiki.
 
Untuk hasil yang lebih maksimal Anda bisa membawa mobil ke bengkel resmi Kalla Toyota agar diperiksa secara menyeluruh oleh mekanik yang ahli dibidangnya. Bengkel resmi Kalla Toyota tersebar di 23 cabang se-Sulsel, Sulbar, Sulteng, dan Sultra.