Tips Menggunakan Seat Belt

11 Januari 2019 | Editor : Dimas

Menggunakan sabuk pengaman sangat dianjurkan saat berkendara. Karena jika terjadi kecelakaan dalam mobil, penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman lebih beresiko terkena cedera serius hingga menyebabkan kematian. Sehingga penting untuk semua penumpang dalam mobil menggunakan sabuk pengaman.

 

Sebelum berpergian menggunakan mobil Toyota, pastikan pengemudi dan semua penumpang sudah mamasang sabuk pengaman dengan baik. Karena sabuk pengaman dapat mengurangi resiko cedera fatal sebesar 50 persen untuk pengemudi dan penumpang yang duduk di kursi depan, serta 75 persen untuk penumpang yang duduk di belakang. Pastikan juga sabuk pengaman tidak tergulung setelah dipasang karena dapat mengurangi efektifitas kerja sabuk pengaman untuk melindungi diri.

 

Oleh karena itu, sebaiknya tetap menggunakan sabuk pengaman saat hendak berpergian dengan mobil. Berikut ada beberapa tips menggunakan seat belt yang benar.

 

  1. Pastikan untuk selalu menggunakan seat belt dengan benar. Posisi tali sabuk pengaman haruslah tepat berada di pundak, jangan sampai posisinya berada di leher karena justru dapat membahayakan jika terjadi tabrakan. Jangan menggunakan seat belt dengan menyelipkannya di belakang punggung. Karena dapat mengurangi efektifitas kerja sabuk pengaman untuk melindungi keselamatan penumpang.
  2. Pastikan tali bagian bawah seat belt berada di atas sekitar pinggang. Ini penting agar tubuh penumpang tidak terlempar jauh ketika terjadi kecelakaan.
  3. Setelah sabuk pengaman sudah terpasang, pastikan tidak ada bagian yang menggulung atau terlilit. Jika sabuk pengaman tergulung, maka kemampuan sabuk pengaman untuk melindungi tubuh menjadi tidak maksimal.
  4. Duduklah dalam posisi tegak. Jangan turunkan sandaran secara berlebihan atau menyetel bangku hingga mendekati dashboard. Jika hal itu terjadi, tali sabuk pengaman justru dapat membuat cedera yang lebih serius.
  5. Saat menggunakan sabuk pengaman, pastikan terdengar bunyi ‘klik’ ketika sedang menguncinya. Uji kepastian keamanan sabuk pengaman dengan mencoba menarik sabuk pengaman sesekali. Jika sabuk pengaman tidak terlepas maka sabuk pengaman dapat digunakan dengan aman.