Car Models

X

BERTAHAN DI ERA PANDEMIK COVID19

Penjualan mobil secara nasional, baik wholesales maupun penjualan ritel sejatinya mengalami penurunan secara tahunan. Dibandingkan realisasi wholesales 2019 yang mencapai 1.030.126 unit, realisasi wholesales di tahun 2020 mengalami penurunan 48,35%, sementara penjualan ritel nasional di tahun 2020 mengalami penurunan 44,55% dari realisasi 2019 yang sebesar 1.043.017 unit.

Oleh karena itu dalam artikel ini kami menjelaskan bagaimana rintangan di era pandemik  covid 19, solusi penjualan di era pandemi covid 19 dan inovasi mempertahakan penjualan di era pandemik dengan metode marketing kombinasi secara online dan off line yang telah kami terapkan.


Beberapa faktor- faktor sangat berpengaruh terhadap menurunnya penjualan di tahun 2020 disebabkan masa pandemic covid 19. Faktor factor eksternal dan internal misalnya Approval leasing yang lebih selektif, DP untuk pembelian mobil secara kredit yang meningkat, PSBB menyebabkan produksi mobil melambat, Cashback berkurang meyebabkan daya beli mobil berkurang, volume perputaran uang melambat selama PSBB. Beberapa perusahaan melakukan PHK yang menyebabkan banyak masyarakat kehilangan kerja, adanya rasa ketakutan terjadinya resesi nasaional  menyebabkan banyak masyarakat menabungkan uangnya dan tidak ingin melakukan pembelian barang khusus nya barang barang otomotif,. Minat masyarakat terhadap pembelian barang otomotif berkurang menyebabkan penjualan mobil secara nasional mengalami penurunan.


Beberapa inovasi marketing  yang dilakukan agar penjualan tetap bisa berjalan kami lakukan secara metode online dan off line. Misalnya marketing offline Memperbanyak referal dengan menambah 5 teman  marketing perhari (baik marketing motor, perumahan, bahan sembako, bahan bangunan, marketing apartement,  rokok, hp, hotel,  asuransi hingga marketing produk sehari-hari terutama marketing mobil brand lain)  dan melalui mereka kita dapat memperoleh informasi dan referensi penjualan. Menyimpan brosur di ATM, Masjid, dan sarana fasilitas umum  yang banyak dikunjungi masyarakat.Memasang spanduk promosi di tempat strategis Kanvasing dengan tetap mengikuti protocol covid 19 diperumahan, perkantoran, sekolah, universitas, pasar tradisional,  mesjid, dan  event lainnya Menjalin silaturrahim, memberikan hadiah di hari penting dan  melakukan layanan aftersales terhadap customer untuk mendapatkan repeat order Follow up data base yakni data base pribadi dan yang berasal dari   bengkel dan sumber lainnya Membuat surat penawaran 2 kali dalam seminggu  melalukan MARKETING online  lewat sosial media. Dengan cara beriklan dan melakukan direct message di platform facebook, instagram, whatssap dan twitter ke 100 akun perhari. Telemarketing kepada 30 data base perhari dan sms broadcast & website sebanyak 1000 orang perhari dan beriklan di website secara reguler.


Solusi penjualan di era pandeik covid 19 kami lakukan seperti optimis dan berfikir positif. Pengembangan diri melalui triagle of succes (skill, Knowlodge dan Attitude) menjalankan 7 step of sales process (prospecting, greeting, qualifying, presentation, negotiation, closing, delivery+ follow up. Memberikan simulasi kredit yang terbaik seperti paket deal cermat. Memperbanyak data base hot prospect. Memberikan penawaran terbaik dengan benefit yang menarik seperti pada saat event gatehring online yang diadakan setiap minggu oleh head office yakni undian lucky draw seperti sepeda lipat, samsung watch, apple iwatch, samsung tab, emas batangan serta undian mobil agya, calya dan juga toyota voxy yang dapat mempermudah kami dalam melakukan closing spk tentunya. Proaktif membantu pemberkasan customer ke leasing. Selling with empathy dengan berempaty kepada calon pembeli agak calon pembeli merasakan bagaimana seorang sales melakukan penjualan secara emphaty dan berusaha memenuhi harapan custonmer (harga terjangkau, administrasi mudah, prosedur pembelian jelas, produk sesuai kebutuhan, pelayanan menyeangkan, delivery tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan.


Demikan yang dapat kami paparkan mengenai bagaimana mempertahankan penjualan di era pandemic covid 19 dengan memberikan sharing solusi penjualan dan teknik merketing kombinasi antara online dan off line. Tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya dari isi artikel ini. Semoga artikel ini  bermanfaat dan dapat menjadi sumber acuan bagi para pembaca untuk mempertahankan penjualan di era covid 19 ini. Semoga teman-teman sekalian dapat menjalankannya dengan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) untuk mendapatkan penjualan yang lebih baik lagi tentunya.


Lukman Halim S (SSE HK Cokroaminoto)

Layanan Kami

Toyota Extra Care
0811-4414-030