X

Apa Itu Social Distancing ?

Pada tanggal 15 Maret 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat Indonesia untuk melakukan social distance untuk mencegah penularan virus corona atau COVID-19.


Dikutip dari Forbes, social distance adalah jarak sosial antara seseorang yang satu dan lainnya secara fisik guna menghindari penularan virus corona. Social distance juga dilakukan untuk mengisolasi diri bagi orang yang memiliki gejala COVID-19 atau sudah terinfeksi, sehingga orang tersebut terpisah dari satu sama lain.


Proses isolasi diri (self isolation) ini sangat penting terutama bagi kalian yang baru saja berpergian ke tempat-tempat yang terdapat banyak kasus COVID-19. Apalagi bila kalian merasakan gejala-gejala seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, hingga sesak nafas.


Bila kamu sedang dalam tahap self isolation, maka kamu harus tinggal di rumah dan tidak pergi ke sekolah, bekerja atau tempat umum lainnya. Pastikan tempat kamu mengisolasi diri terdapat jendela yang bisa dibuka agar ada sirkulasi udara. Jangan menerima tamu ataupun mengambil barang kiriman secara langsung dan jaga jarak sekitar 2 meter.


Jangan berbagi ruangan seperti kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Gunakan handuk, alat mandi, serta peralatan dapur sendiri. Bila ada lansia ataupun ibu hamil yang tinggal serumah, sebaiknya diungsikan ke tempat yang aman. Cuci dan keringkan pakaian dengan mesin cuci dan atur suhu panas. Semua sampah harus dimasukkan dalam kantong plastik ganda sebelum dibuang.


Sementara itu, bagi Kallafriends yang sedang melakukan proses social distancing bisa melakukan kegiatan belajar maupun bekerja dari rumah atau WFH (Work From Home). Hindari berada di tempat ramai, kontak fisik yang tidak diperlukan, dan gunakan masker bila berada di luar ruangan saat kondisi kamu sedang tidak fit.


Bagi kalian yang sedang melakukan social distancing atau pun self isolation dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan menggunakan sabun selama 20 detik dan rajin membersihkan bagian-bagian rumah yang sering disentuh, seperti gagang pintu, jendela, atau saklar listrik.


Saat ini kalimat “social distancing” telah diubah oleh WHO menjadi “physical distancing”. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga jarak fisik namun hubungan sosial di masyarakat tetap terjaga melalui media sosial.


Layanan Kami

Toyota Extra Care
0811-4414-030