X

Akibat Menggunakan Hand Sanitizer Terlalu Sering

Saat ini hand sanitizer menjadi kebutuhan masyarakat yang harus selalu dibawa kemana-mana. Hand sanitizer merupakan cairan yang efektif membasmi kuman dan virus penyebab penyakit. Karena hand sanitizer dapat mengurangi jumlah mikroba di tangan dengan cepat. Namun, tidak menghilangkan semua kuman.


Tapi, tahukah kamu kalau penggunaan hand sanitizer yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan, loh. Apa saja risiko kesehatan yang akan dialami? Berikut beberapa risiko yang telah dirangkum dari berbagai sumber.



  1. Resistensi Bakteri dan Efek Hormonal


Kandungan triclosan yang terdapat pada hand sanitizer bisa menimbulkan risiko kesehatan seperti resistensi bakteri atau efek hormonal.


 



  1. Menurunkan Kekebalan Tubuh


Paparan bakteri triclosan dan triclocarban dalam jangka panjang juga berisiko menyebabkan gangguan pada fungsi otot kerangka dan jantung.


 



  1. Mengandung Bahan Kimia Berbahaya


Bahan kimia phtalate disinyalir dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan endokrin, toksisitas, penurunan motilitas (gerak) dan konsentrasi (jumlah) sperma, serta alergi, asma, hingga kanker.


 


Jadi, untuk Kallafriends yang sering menggunakan hand sanitizer, sebaiknya ganti dengan rutin mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik dan bilas dengan air mengalir. Gunakan hand sanitizer saat kamu tidak sempat atau berada dalam keadaan tidak bisa mencuci tangan dengan sabun.


Layanan Kami

Toyota Extra Care
0811-4414-030