X

6 Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Bersepeda merupakan salah satu alat transportasi yang ramah lingkungan. Selain itu sepeda juga merupakan jenis olahraga yang menyenangkan. Karenanya dengan bersepeda kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat utamanya untuk kesehatan. Manfaat apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini yang dilansir dari halodoc.com.

 



  1. Mengendalikan Berat Badan



Buat kamu yang sedang dalam program penurunan maupun mengontrol berat badan bisa mengatasinya dengan menjaga pola makan yang sehat serta olahraga. Salah satu jenis olahraga yang bisa kamu lakukan adalah bersepeda. Karena bersepeda daoat meningkatkan metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh.

 

Bahkan sebuah studi menemukan bahwa bersepeda setengah jam setiap hari dapat membakar hamper lima kilogram lemak lebih dalam setahun loh, Kallafriends.

 



  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah



Hasil studi di Denmark menunjukkan bahwa orang-orang yang bersepda secara rutin dapat terpelihara dari penyakit jantung di masa tua. Karena bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, memperkuat otot jantung, mengurangi kadar lemak dalam darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

 



  1. Mengurangi Risiko Kanker



Selain membantu menjaga berat badan, memiliki pola makan yang sehat dan bersepeda secara teratur juga dapat mengurangi risiko terkena kanker, loh. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan saat diusia tua memiliki risiko lebih rendah terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga mengemukakan bahwa bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

 



  1. Mengurangi Risiko Diabetes



Tahukah kamu bahwa salah satu penyebab diabetes adalah kurangnya aktivitas fisik. Nah, bersepeda bisa menjadi cara kamu untuk bergerak dan mengurangi risiko diabetes. Studi di Finlandia menunjukkan bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit/hari memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes.

 



  1. Meningkatkan Kekuatan, Keseimbangan, dan Koordinasi Otot Tubuh



Walaupun bersepeda tidak secara khusus membantu penderita osteoporosis namun dengan bersepeda dapat menjadi latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis untuk memberikan sedikit tekanan pada sendi. Karena sebuah studi menemukan bahwa setelah mulai bersepeda, kondisi pasien lansia dengan nyeri lutut dan osteoporosis semakin membaik.

 



  1. Mengurangi Stres



Jika kamu sering melakukan aktivitas fisik, seperti bersepeda dapat membantu memproduksi hormone dopamine yang dapat meningkatkan rasa bahagia sehingga mengurangi stress, atau bahkan depresi yang kamu alami.

 

Wah, ada banyak sekali manfaat yang bisa Kallafriends dapatkan dari bersepeda bukan? Jadi jika Kallafriends terlalu malas untuk berolahraga, maka bersepeda bisa menjadi alternatif olahraga untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.

Layanan Kami

Toyota Extra Care
0811-4414-030